Bukti Evolusi Manusia

Diposting pada

tempat Gobekli tepe

Pembicaraan melulu mengenai evolusi, seleksi alam, mutasi gen dll. Bahwa dahulu manusia dan makhluk-makhluk lainnya berkarakteristik berbeda dengan saat ini dan yang menyebabkan perubahan tersebut adalah evolusi, seleksi alam, mutasi gen dsb. Apa yang menyebabkan para makhluk hidup tersebut bisa berubah, salah satu alasannya adalah seperti yang telah ahli botanis, zoologis dan naturalis Charles Darwin sebutkan bahwa sebab perubahan tersebut adalah penyesuaian atau adaptasi. Sehingga setiap sel makhluk hidup yang ada di dunia ini pasti melakukan suatu usaha untuk survive atau menjaga kelangsungan dirinya di dunia ini baik menggunakan perubahan bentuk menjadi hal lain ataupun penyesuaian.

Yang paling menarik adalah evolusi manusia. Seperti yang dijelaskan oleh Charles Darwin dan ahli naturalis-naturalis lain, bahwa makhluk hidup menjadi seperti sekarang ini adalah karena keadaan alam sebagai salah satu alasan perubahan tersebut terjadi. Tetapi manusia berbeda karena menurut para naturalis-naturalis manusia yang berevolusi dari nenek moyang antara kera dan manusia yang berpisah di kala Neozoikum ini menciptakan cara untuk bertahan yang berbeda daripada makhluk-makhluk lain yaitu akal budi manusia, dan ini berdasarkan fakta dan bukti yang di interpretasikan sampai saat ini.

Baca Juga :

Manusia ada karena melalui proses hasil evolusi tersebut menjadikan kita tidak spesial karena sebenarnya kita hanyalah spesies lain yang sedang mendominasi bumi melalui jalan lain atau bisa disebut tidak menggunakan fisik. Itu pendapat saya yang berpikir bahwa Bumi dahulu kala juga pernah di kuasai oleh para Dinosaurus, ketika itu para nenek moyang manusia yaitu para primata masih bertengger dan bercengkrama di pohon. Ketika Dinosaurus punah akhirnya kemudian saatnya para manusia atau bisa di sebut calon manusia ketika itu untuk mengambil alih puncak piramida kehidupan.

Hal yang dikatakan ketika bahwa manusia ini adalah ciptaan pilihan sang pencipta yang di buat untuk menjaga atau membentuk bumi ini dalam pandangan para naturalis yang mengacu pada teori evolusi ini membuat posisi manusia sebenarnya dalam ranah keluarga animalia sama atau se keluarga. Naturalis disini adalah orang-orang yang melihat dunia apa adanya atau bisa disebut mereka mencari penjelasan atas kejadian-kejadian di dunia berdasarkan kajian-kajian yang memang berdasarkan kaidah-kaidah ilmu pengetahuan dan secara fisik bukan metafisik. Tetapi posisi manusia memang istimewa untuk sekarang. Tetapi tidak tahu mungkin beberapa juta tahun lagi terdapat spesies yang lebih superior yang menggantikan manusia, mungkin spesies itu juga sebagai spesies turunan dari manusia.

Apakah mungkin manusia berevolusi lagi menjadi makhluk yang berbeda di kemudian hari?.

Ya, manusia memang masih berevolusi tetapi untuk sekarang ini yang terlihat masih dalam tahap genetik atau dalam tahap mutasi gen.

Dengan tidak digunakannya mutasi gen buatan/modifikasi genetik perubahan dalam diri manusia terjadi melalui keadaan lingkungan yang sekarang ini.Berikut salah satu contoh-contoh bukti nyata evolusi manusia.

  1. Kekebalan akan enzim laktase, atau kemampuan untuk memecah laktosa saat dewasa adalah salah satu bukti akan evolusi. Pergantian kebudayaan dari saat berburu-meramu ke bertani membuat manusia dapat mengonsumsi susu dan memberikan mereka yang mengonsumsi susu tersebut keuntungan daripada yang tidak
  2. Rambut pirang, rambut pirang baru muncul ketika 10,000 tahun yang lalu dan menjadi umum di Eropa ketika 3000 tahun yang lalu.
  3. Kekebalan manusia terhadap salah satu jenis virus
  4. Menyusutnya ukuran otak manusia.

4 hal tersebut adalah bukti-bukti yang menjadikan manusia memang masih berkembang/evolusi meskipun pasti terdapat bukti-bukti lain saya hanya menampilkan 4 tersebut karena menurut saya 4 hal tersebut sebenarnya sudah sangat membantu untuk mempercayai bahwa sebenarnya evolusi memang benar terjadi. Dan tidak menampik kemungkinan berjuta-juta tahun lagi manusia bakal terlihat dalam karakteristik fisik yang benar-benar berbeda.

 Sebenarnya saya tidak mengharap untuk mengikuti jalan naturalis karena sebenarnya menurut saya sendiri masih banyak hal yang belum di ketemukan atau di ketahui. Dan dengan penjelasan tersebut mendukung teori evolusi. Tetapi saya juga bakal tidak menampik hal-hal yang melebihi dari natural hal-hal yang membuat kita bercabang atau memisahkan diri dari segi kemampuan berfikir dan yang saya cari dan pastinya semua umat manusia cari adalah hal tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *