Ciri-Ciri Fisik Dan Budaya Homo Sapien

Diposting pada
Seperti artikel saya yang sebelumnya, kali ini mengenai manusia purba akan saya bahas ciri-ciri fisik dari Homo Sapien, spesies kita sekarang ini, saya akan paparkan ciri-ciri dari mereka sehingga apabila nanti anda akan menemukan fossil  yang telah ditemukan, andadapat membandingkannya dengan ini. Atau malah anda dapat menemukan fossil homo sapien tersebut di suatu tempat.


Ciri Fisik Homo Sapien

Tengkorak Homo Sapien memiliki bentuk yang berbeda dari manusia-manusia yang muncul sebelumnya. Badan mereka berbentuk sangat bervarietas tergantung dari adaptasi daerah dan lingkungan sekitar mereka.

Ukuran tubuh dan badan

  • ·         Homo Sapien paling awal ditemukan memiliki badan yang pendek, leher yang memanjang dan lengan yang panjang. Proporsi tubuh seperti ini karena adaptasi dari bertahan hidup di daerah yang beriklim tropis karena membutuhkan lebih banyak permukaan kulit yang ada agar dapat mendinginkan tubuh. Lemak berlebih muncul karena perkembangan populasi yang pergi ke daerah yang dingin sebagai adaptasi tubuh agar dapat menjaga panas.
  • ·         Manusia modern sekarang ini memiliki tinggi rata-rata sekitar 160 cm untuk perempuan dan 175 cm untuk laki-laki.
  • ·          

Otak

  • ·         Homo sapien yang hidup sekarang memiliki kapasitas volume otak sekitar 1350 kubik centimeter sekitar 2.2 persen dari berat keseluruhan tubuh. Homo sapien awal-awal memiliki otak lebih besar sekitar 1500 kubik centimeter.

 

Tengkorak

  • ·         Homo sapien modern memiliki tengkorak dengan bagian bawah pendek dan tinggi diatas. Tidak seperti spesies homo yang lain, tengkorak mereka lebar di bagian atas.
  • ·         Bagian belakang tengkorak bulat yang memperlihatkan berkurangnya otot di leher.
  • ·         Wajah kemungkinan kecil dengan hidung yang lebih mancung.
  • ·         Kelopak mata lebih ke kotak daripada bulat
  • ·         rahang pendek yang membuat wajah terlihat vertikal
  • ·         biasanya tidak ada ruang antara gigi dengan tulang rahang

Gaya Hidup

 Budaya dan Teknologi

 
Homo sapien awal memperlihatkan budaya yang sederhana, meskipun sudah tergolong maju daripada spesies sebelumnya. Bukti yang langka untuk kebiasaan menyimbolkan muncul di banyak situs di Afrika sekitar 100,000 tahun yang lalu, tetapi ekspresi yang artistik ini terlihat seperti krativitas yang muncul langsung redup daripada kreativitas yang berterus-terusan. Tidak sampai hingga 40,000 tahun yang lalu muncul kebudayaan dengan gaya yang lebih tinggi dan innovatif. Menunjukkan sikap yang semakin seperti manusia modern.
Banyak peneliti percaya bahwa ledakan dari materi artistik ini dalam rekaman jejak Arkeologi muncul saat 40,000 tahun yang lalu karena perubahan akan kesadaran manusia mungkin manusia mengembangkan kemampuan lebih dalam berpikir dan berkomunikasi secara simbolik atau malah mengingat lebih baik. Salah satu teori mengatakan bahwa jumlah dari populasi membantu membentuk dalam pembelajaran sosial telah mengembangkan kebudayaan yang lebih kompleks daripada inovasi yang dihasilkan oleh individu. Populasi yang lebih besar sering kali menimbulkan kebudayaan yang semakin berkembang daripada grup yang terisolasi.

Peralatan

 
Homo sapien juga membuat alat dari batu seperti flake, serpihan dan mata tombak yang sangat mirip bentuknya dengan yang dibuat oleh para Neanderthal. Alat-alat yang seperti ini muncul sekitar 200,000 tahun yang lalu yang membuat di pandangan bahwa Homo Sapien muncul pertama kali saat itu. Setiap waktu selalu lebih berkembang bukan alatnya tetapi bentuk dan gaya-gayanya yang semakin lebih dapat digunakan dalam kemampuannya.

Api

 
Telah terbukti kemampuan mereka akan pembuatan api dan pengolahannya dengan ditemukannya keramik sederhana dan gerabah serta tatakan yang seperti kompor.

Pakaian dan barang-barang pribadi

 

Pakaian dengan kulit binatang mungkin telah di gunakan di daerah yang dingin, meskipun bukti nyata yang telah ditemukan baru ada setelah 30,000 tahun yang lalu. Bukti dari 30,000 tahun yang lalu ini telah menggunakan alat-alat seperti jarum, kancing dan tali, dibuat dari kulit binatang seperti rubah dan serigala.

Fiber yang dibuat dari serat tumbuhan ditemukan di sebuah gua di Georgia dengan bertanggal sekitar 36,000 tahun yang lalu. Serat itu sepertinya digunakan untuk membuat kerangjang dan jaring ataupun tikar. Itu adalah contoh paling tua yang pernah ditemukan.

Termasuk juga barang-barang lain yang dibuat dari gading, amber, kulit kerang, tulang dan gigi.  Salah satu bukti digunakannya barang-barang mentah itu adalah kuda yang terpahat di gading gajah di daerah Vogelherd Jerman, bertanggal 32,000 tahun yang lalu. Temuan-temuan diatas memperlihatkan bahwa selain bertahan hidup manusia saat itu telah mencoba memperhatikan penampilan mereka.

 

 

Seni

 

Lukisan gua muncul ketika 40,000 tahun yang lalu di daerah Eropa maupun Asutralia. Kebanyakan mengambarkan hewan atau malah makhluk spiritual, tetapi tanda-tanda kecil yang ada di Prancis memperlihatkan kemungkinan bahwa itu adalah sebuah kode, yang mungkin adalah bahasa yang menunjukkan identitas dan saling komunikasi antar generasi.

Bukti adanya instrumen musik muncul ketika 32,000 tahun yang lalu di Eropa. Tulang dari jaman Paleolitik dan peluti dari berbagai daerah di Prancis bertanggal sekitar 30,000 tahun yang lalu sampai 10,000 tahun yang lalu.

Figur-figur juga mulai bermunculan seperti Figur Venus yang pernah saya tulis berasal dari sekitar 30,000 tahun yang lalu di Eropa dan menyebar ke seluruh wilayah sekitar Eropa. Sebuah kepala wanita dari gading juga ditemukan di Dolni Vestonice, Republik Ceko bertanggal 26,000 tahun yang lalu.

Pemukiman

 

Homo sapien awal tinggal di gua atau di bawah batu besar jika ada. Tempat berlindung yang alami akan mereka tambahi modifikasi. Di ruang terbuka mereka membuat konstruksi tempat berlindung dengan bahan rajutan kayu dan tulang dari binatang besar yang kemungkinan ditutupi dengan kulit binatang juga.

Pemakaman

 

Pemakaman telah ada sejak 40,000 tahun yang lalu lalu mulai menjadi semakin berkembang dengan ditemukannya benda-benda perhiasan di dalam salah atu makam yang menunjukkan kelas sosial. Tetapi salah satu pemakaman tertua berada di Jebel Qafzeh di Israel yang bertanggal 90,000 tahun yang lalu, makam tersebut terdapat seorang wanita muda dengan anak kecil di kakinya. Dan tambah 21 tengkorak ditemukan di gua yang sama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *