Drake Equation, Rumus Mencari Alien

Diposting pada

Pencarian akan kehidupan selain di bumi masih terus berlanjut, para peneliti tidak lelah-lelahnya mencari dan meniliti hal-hal yang belum pernah terbukti di temui ini.

Pada tahun 1961 Frank Drake membuat pertemuan menyangkut tentang sinyal radio yang kemungkinan bisa mendeteksi makhluk di planet lain.Pertemuan tersebut dihadiri banyak peneliti, astronom, ahli radio, teknisi dan lain-lain yang ikut memerhati dunia ET(ExtraTersetial). Dalam pertemuan tersebut Drake melampirkan sebuah persamaan yang kemudian bakal melambungkan namanya.

“As I planned the meeting, I realized a few days ahead of time we needed an agenda. And so I wrote down all the things you needed to know to predict how hard it’s going to be to detect extraterrestrial life. And looking at them it became pretty evident that if you multiplied all these together, you got a number, N, which is the number of detectable civilizations in our galaxy. This was aimed at the radio search, and not to search for primordial or primitive life forms. —Frank Drake.”

“Dan telah saya rencanakan sebuah pertemuan, saya menyadari beberapa waktu besok kita membutuhkan agenda. Jadi saya menulis kebutuhan-kebutuhan yang kalian butuhkan untuk memprediksi bagaimana akan sulitnya untuk mendeteksi kehidupan extraterrestil. Dan melihat itu semua menjadi semakin membuktikan jika kalian mengalikan semua ini bersama, kalian punya angka, N, dimana angka tersebut diketahui sebagai jumlah peradaban di galaksi kita.Ini ditujukan untuk pencarian melalui radio, dan tidak untuk mencari bentuk kehidupan jenis primordial atau primitif.”

 Baca juga Fermi Paradox yang membahas kelanjutan persamaan ini

drake equation-persamaan drake
Rumus Drake
  •          N =Jumlah peradaban di galaksi kita yang dimungkinkan komunikasi dapat saling terima

R* =jumlah rata-rata tata bintang di galaksi kita.

fp =pecahan dimana apabila bintang tersebut terdapat planetnya.

ne =jumlah rata-rata planet yang memungkinkan menampung kehidupan di setiap tatabintang yang terdapat planet

fl = pecahan dari planet yang mempunyai kehidupan dan telah berkembang.

fi = pecahan dari planet yang terdapat kehidupan dan berkembang hingga mencapai peradaban.

fc = pecahan dari peradaban yang mengirimkan tanda bahwa terdapat eksistensinya.       

 L = panjang waktu dimana sinyal yang terdeteksi dikirimkan ke luar angkasa.

4 parameter terakhir f_{ell}, f_i, f_c,   L  belum di ketahui dan sangat sulit untuk di prediksi. Tetapi drake equation ini sangat berguna dalam pencarian lebih lanjut melalui radio dan sekarang modifikasi-modifikasi persamaan lain muncul yang mengikuti bentuk persamaan drake tadi. Sehingga pencarian spesies lain di planet lain lebih terarah oleh drake.
 Baca mengenai SETI, Institusi pencari alien

Baca juga mengenai meteor yang pernah jatuh di Indonesia

2 thoughts on “Drake Equation, Rumus Mencari Alien

    1. sebenarnya postingan ini hanya sebagai bentuk penginformasian atas keberadaan adanya rumus yang memperkirakan kemungkinan jumlah planet yang terhuni oleh makhluk hidup berintelek.

      Dan juga variabel untuk dimasukkan ke rumus selalu berubah dari waktu ke waktu juga selain variabel yang berubah tersebut persamaan drake ini juga terus menerus di kaji ulang gan hehe

      apabila dari wikipedia https://en.wikipedia.org/wiki/Drake_equation disitu juga di tulis variabel rumus tersebut jadi tinggal dimasukkan dan angka tersebut berasal dari International Journal of Astrobiology,, dan diakui oleh penyunting bahwa angka-angka itu bisa berubah karena data yang ada yang menadi acuan juga bisa bertambah maupun berkurang.

      di website ini http://www.bbc.com/future/story/20120821-how-many-alien-worlds-exist ada infografis untuk memudahkan mengetahui variabel apa saja yang diperlukan gan hehe

      kalau untuk menggunakannya sebagai penghitungan secara langsung tentu saja sulit gan karena data-datanya juga belum pasti bahkan persamaan ini pun juga tidak bisa dianggap bakal tidak mungkin berubah.

      tujuan saya hanyalah sebagai penginformasian bahwa manusia masih memiliki ruang misteri luas yang masih kosong, mungkin agan minat jadi pemburu alien heheh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *