Apa yang sebenarnya terjadi terhadap kekayaan Pablo Escobar?

Diposting pada

Pablo Escobar dikatakan sebagai gembong mafia narkoba palling kaya dan kuat dalam sejarah.
Dalam saat-saat keemasannya dari tahun 70an sampai awal 90an dia adalah pemasok kokain terbesar ke Amerika. Sebagai pemimpin dari kartel Medellin, dia dan anak buahnya berhasil membawa berton-ton kokain ke Amerika setiap minggunya, secara konsekuen memonopoli pasar Miami.

Di puncak masa kekuasaanya, Escobar, yang berumur 44 tahun ketika terbunuh, telah terdaftar oleh Majalah Forbes Amerika sebagai orang terkaya no 7 di dunia.

Anak terakhir dari Raja Kartel Pablo Escobar mengatakan bahwa warisan kekayaan yang diterimanya hanyalah jam tangan. “Ayahku tidaklah pandai dalam akuntansi dan angka-angka, aku pikir dia juga tidak tahu seberapa juta banyak uang yang ia miliki. Ketika kami meninggalkan negara ini setelah kematiannya, pihak pemerintahan menyimpan segalanya. Itu semua berada di tangan yang berwajib dan tidak ditangan para korban seperti yang seharusnya,” Kata Sebastian Marroquin saat interview di Brazil Globonews.

Katanya bahwa kekayaan ayahnya, diperkirakan saat itu oleh salah satu media publikasi para pebisnis sekitar 10 triliun, digunakan untuk perang kartel dengan pemerintah kolombia.

Baca Juga: Pengaruh Darwinisme dan Marxisme

Rumah Escobar

Perburuan besar-besaran terjadi, yang telah dipicu oleh bukti tentang jejak-jejak penyembunyian kekayaan Escobar di sebuah buku, Escobar : The Untold Story of The World’s Most Powerful Criminal, yang ditulis oleh saudaranya Roberto, seorang mantan akuntan salah satu kartel.

Kata Roberto bahwa Escobar yang terbunuh saat terjadi baku tembak antara tentara dan pasukan anti narkoba US di Medellin, Columbia, Desember 1993, membuat kekayaannya yang berada di bank Swiss hangus oleh kematian mendadaknya. Sementara angka password akun tersebut hanya diketahui oleh Escobar, kekayaan yang didepositkan disana nampaknya hilang untuk selamanya. Tetapi, Roberto membuktikan, terdapat uang dalam jumlah banyak yang disimpan tidak di dalam bank tetapi dikubur dibawah tanah. Dan perburuan besar-besaran tersebut untuk mencari harta tersebut. Sampai saat ini hanya 8 juta, ditambah dengan total hitungan senjata yang telah ditemukan dari bunker-bunker bawah tanah di kompleks bangunan yang dibuat di hutan oleh Escobar.

Enormous Sums, lokasi dimana Roberto belum buktikan kepastian apakah terdapat harta benda Escobar atau tidak, tetap terkubur di atau dekat properti lain yang dimiliki Escobar di Colombia dan negara lainnya, termasuk Mexico.

Escobar kehilangan jutaan

Menurut salah satu jawaban ahli di Quora, assetnya seperti properti dan mobil telah ditawan oleh pihak pemerintahan Colombia setelah tepat kematiaanya, sebuah mandat surat dibuat dan dilaksanakan untuk langsung menyita properti dan barang-barang Escobar. Kebun binatang milik pribadinya di Hacienda Napoled yang berisi hewan-hewan eksotik yang diselundupkan ke Colombia seperti kuda nil telah diubah menjadi taman publik. Juga dipercaya bahwa anggota dari kartel Cali, yang menjadi penerus dari Medellin kartel, memaksa keluarga Pablo Escobar untuk memindah tangankan properti mereka. Uang di bank internasional juga dikatakan telah dibagikan antara pihak pemerintahan Amerika dan pemerintahan Colombia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *