Keuntungan dari Citizen Journalism

Diposting pada

Citizen Jorunalism adalah mengenai masyarakat yang mengumpulkan, melaporkan, menganalisa berita-berita dan informasi khususnya dari media sosial.
Definisi dari Wikipedia.
Seperti kita tahu, dunia kita sekarang adalah pedesaan global. Meskipun, kita semua adalah seorang reporter atau citizen journalists yang menggunakan platform online untuk menceritakan kejadian sekitar kita kepada dunia.
Journalist yang terlatih sekarang menggantungkan kepada sosial media dan reporter masyarakat untuk mendapatkan cuilan peristiwa yang sedang terjadi di dunia.
Informasi dari citizen journalist akan diunduh lalu diproses sesuai dengan kode etik jurnalis lalu akan di kembalikan ke member yang sama yaitu publik.

Baca Juga : Menjadi Selektif Dalam Meresap Informasi
Tetapi, sesungguhnya keluaran hardcopy koran maupun majalah sekarang tidak sepenuhnya terjual. Online media platform, blog, forum, dan sosial media telah mengambil alih. Ini bagus untuk kemanusiaan.
Seorang citizen jurnalis dapat membuat penghidupan dari mengoleksi dan meneruskan informasi, foto, tips dan kejadian untuk dikeluarkan di koran, majalah, website, blog dan forum untuk publikasinya. Ini dapat gratis maupun tidak.
Tetapi, nilai dari seorang reporter masyarakat biasa membantu menyebarkan berita, baik maupun buruk akan mempunyai bagian di dunia kita.
Ini karena kebanyakan orang diluar sana satu sama lain selalu menggantungkan diri kepada sosial media.
Orang-orang ini adalah bisa jadi periset, security ekspert, ibu rumah tangga, orang bisnis, bankers, jurnalis, penulis, marketing online, pembicara motivasi, olahragawan dan wanita dan seterusnya.
Kita semua butuh informasi yang membuat kita dapat membuat pendapat dan keputusan. Dan media itulah yang membantu kita kesini.
Sejak pelatihan jurnalis tidak dapat dilakukan dimanapun diwaktu yang sama, kontribusi dari reporter masyarakat untuk menginfromasi, mengajari dan menghibur anggota masyarakat publik menjadi sangat membantu.
Tetapi, sosial media tidak terdapat peraturan sekarang. Maka dari itu, beberapa informasi di sosial media tidak melalui pemrosesan. Inilah bagian dimana para pengatur dunia seharusnya ikut terjun.
Diluar keuntungan uang, reporter masyarakat yang mempunyai pengalaman rasa dari kepuasan ketika mereka mengetahui bahwa mereka membuat kontribusi dalam membantu membentuk dunia yang lebih baik. Hal ini melebihi uang.
Aku merasa dalam diri bahwa hanyalah masalah waktu, sosial media akan ikut dalam barisan dan dapat membuat peraturannya sendiri.

Untuk para reporter dari masyarakat, banyak sekali pekerjaan diluar sana untukmu tidak ada batasan dari berapa uang yang dapat kamu dapat dari meneruskan informasi, foto untuk diposting di media seperti website, blog, dan forum atau publikasi manapun juga di sosial media.
Sumber

Baca Juga :

Musuh-Musuh Munir

Misteri Kapal Oerang Medan

Pikiran Seorang Mad Scientist

Sekelumit Pandang Pemikiran

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *