Jenis Manusia Purba di Eropa Dan Pembabakan Masanya

Diposting pada
 
homo neanderthal
 
Kehidupan prasejarah di Eropa meliputi sampai dengan satu juta tahun tahap pendudukan oleh manusia, dimulai dari daerah Dmanisi di Republik Georgia sekarang. Dibawah ini akan dipampangkan daftar manusia purba di eropa berdasarkan temuan fossil sampai saat ini. Pembagian manusia purba di eropa dibawah berdasarkan pada jaman teknologi batu yang dibawa.

Paleolitik bawah (1,000,0000-200,000 SM)

Penghuni pertama di Eropa yang berhasil di identifikasikan adalah Homo Erectus atau Homo ergaste di Dmanisi, bertanggal 1 sampai 1.8 juta tahun yang lalu. Pakefield, di laut utara daerah Inggirs, bertanggal 800,000 tahun yang lalu, lalu diikuti dengan Isenia La Pineta di Italia, 730,000 tahun yang lalu kemudian Mauer di Jerman bertanggal 600,000 tahun yang lalu.
Situs yang menjadi daerah dari nenek moyang Homo Neanderthal berada di Steinheim, Bilzingsleben, Petralona dan Swanscombe, antara 400,000 sampai 200,000. Pemakaian api pertama kali di identifikasi di Eropa saat jaman ini.

Paleolitik Tengah (200,000-40,000 SM)

Dari Homo Sapien Archaic atau yang menjadi nenek moyang Homo Neanderthal ( disini dalam artikel saya yang lain yang membahas mengenai asal-usul manusia menyebutkan bahwa Homo Archaic tidak berevolusi menjadi Homo Sapien, tetapi karena teori tersebut juga masih banyak di tentang seperti teori-teori lainnya maka saya menyebutkan seperti itu dengan ada catatan). Dan kemudian selama 160,000 tahun Homo Neanderthal menguasai Eropa. Neanderthal berburu dan memakan daging, membangun perapian, membuat alat batu, dan masih mungkin juga menguburkan para orang yang telah meninggal, diantara spesies lainnya merekalah yang menunjukkan sifat paling manusia modern.
 
 Paleolitik Atas (40,000-13,000 SM)
Homo Sapien yang secara anatomis adalah telah menjadi manusia modern masuk ke Eropa selama jaman paleolitik atas ini dari Afrika lewat timur dekar atau turki sekarang, Homo Neanderthal telah berbagi wilayah dengan Homo Sapien yang modern ini selama 25,000 tahun. Tetapi tidak ada bukti fisik yang menunjukkan hubungan fisik ini.
Tulang dan alat baru, lukisan gua, figur, dan bahasa berkembang selama masa Paleolitik Atas ini (meskipun beberapa peneliti mengatakan bahwa bahasa sudah terbentuk dengan bagus ketika Paleolitik Tengah)

Azilian (13,000-10,000 SM)

 
Masa akhir Paleolitik Atas telah membawa perubahan drastis dari iklim, menghangatkan kebanyakan wilayah eropa selama beberapa waktu dan membuat perubahan bentuk kehidupan di Eropa. Orang-orang Azilian harus menghadapi perubahan lingkungan baru ini, termasuk terbentuknya hutan baru dimana sebelumnya adalah savana. Gleiser yang mencair dan naiknya permukaan air laut menambah selat-selat yang ada, dan sumber makanan utama yang berasal dari mamalia berbadan besar telah menghilang. Populasi manusia di Eropa jatuh dengan dan manusia-manusia berusaha untuk bertahan dan membutuhkan strategi baru untuk bisa hidup.
Mesolitik (10,000-6,000 SM)

Naiknya panas dan permukaan air laut di Eropa membuat banyak orang membuat alat batu baru untuk menangani tanaman baru dan memproses binatang seperti yang dibutuhkan. Perburuan besar-besaran dilakukan dengan fokus terhadap hewan dengan jenis seperti rusa dan babi liar, sementara perburuan yang lebih kecil melibatkan jaring untuk menjebak kelinci, hewan di air, ikan dan lainlain. Lalu, mata panah telah dibuat, dengan bentuk seperti daun yang berujung dan penambangan batu mulai muncul pertama kali, dengan pencarian bahan-bahan mentah yang dilakukan membuat timbulnya perdagangan jarak jauh. Batu-batu kecil, tekstil, jaring, wadah, kail, dan jaring adalah bagian dari kebudayaan saat Mesolitik di Eropa, juga termasuk kanos dan ski. Pemakaman pertama di temukan dengan ratusan mayat di dalamnya telah ditemukan dan menjadi bukti adanya kelas-kelas sosial telah muncul.

sumber

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *