Mengapa Satelit Luar Angkasa Tidak Di Rotasikan Agar Mempunyai Gravitasi ?

Diposting pada
 Kapal luar angkasa yang diputar hanyalah cara dari Hollywoood agar menjawab pertanyaan ” Mengapa para aktor tidak melayang-layang padahal mereka di luar angkasa?”
Terdapat beberapa alasan kenapa ISS tidak melakukan hal itu.

Pertama, jika di kapal luar angkasa terdapat gravitasi, kamu akan butuh lantai yang dapat menahan  berat dari kru-kru dan barang-barang yang berada disitu. Kamu juga perlu gerobak untuk mendorong barang-barang. Bukan hanya itu saja, tetapi kamu memerlukan dinding dan atap tempat  semua benda-benda. Tanpa gravitasi, kamu bisa menempatkan segala benda ke seluruh permukan, dan tidak perlu memedulikan beratnya.

Yang kedua, gaya yang di perlihatkan holywood dengan memutar kapal luar angkasanya bukan gaya gravitasi melainkan gaya sentrifugal, jadi mereka memiliki hukum yang berbeda. Semua yang berputar memerlukan poros. Dan semakin dekat kamu ke poros, semakin rendah gravitasi yang ada dan semakin ringan kamu. Gravitasi mempunyai medan-medan, gaya sentrifugal tidak. Jadi semua yang tidak bergerak akan nampak terbang menjauhi poros.

Kapal berbentuk donat

Baca Juga:

 
 
Kolonisasi Titan Satelit Saturnus

Pokoknya sebuah kapal luar angkasa harus seimbang secara sempurna dengan bentuk seperti donat dan hanya satu lorong yang berada di lingkaran paling luar apabila ingin menggunakan gaya sentrifurgal.  Kenapa donat?, karena dengan bentuk kapal luar angkasa yang sekarang ini maka gaya sentrifugal akan menjadi tidak berguna, karena jika semua orang berkumpul di satu tempat hal itu akan merusak keseimbangannya dan menambah beban.

Itu adalah ide yang keren, tetapi memutar sebuah kapal luar angkasa dengan bentuk yang sekarang sangat berbahaya dan secara praktek sangat sulit. Mungkin itu bisa dilakukan dalam skala kota luar angkasa. Hal lucu lain adalah, jika pesawat donat tersebut cukup kecil, dan cukup seimbang, kamu tidak perlu bergerak sepanjang lorong untuk menuju bagian kapal lain.Cukup dengan terbang ke arah poros rotasi, sehingga bukan kamu yang bergerak tetapi kapal luar angkasa tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *