Misteri Kapal SS Ourang Medan

Diposting pada
Kisah kapal karam paling fenomenal mengenai kapal ourang medan yang berlayar di selat Malaka, kisah ini mendunia dan diceritakan dari mulut ke mulut oleh para pelaut. Bahwa telah ditemukan kapal ourang medan dalam keadaan seluruh kru mati semua dengan kondisi mengenaskan kemudian kapal tersebut terbakar dan meledak. Tetapi terdapat kontradiksi antara apakah kisah ini palsu atau benar-benar terjadi.
 
Mungkin ada yang bertanya-tanya apakah benar kisah ini memang terjadi. Karena nampaknya kisah ini hanyalah seperti urban legend lainnya yang diceritakan untuk menakut-nakuti para pelaut muda. Tetapi kisah SS Ourang Medan ini telah tertulis di    Mei 1952yang di publikasikan oleh United States Coastal Guard. Lembaga yang seharusnya sangat terpercaya saat menyebarkan berita-berita yang ada. 
Lihat lingkaran yang menandai artikel tersebut. Tulisan itu adalah tulisan dari United States Coastal Guard dan dalam tulisan yang saya lingkari tersebut adalah cuplikan kisah SS Ourang Medan bersamaan dengan kisah-kisah lainnya.
Kronologi yang beredar di mulut ke mulut
 
Sebuah pesan radio telah diterima oleh beberapa kapal yang sedang berlayar di selat Malaka, banyak pihak menganggap kejadiannya Juni 1947 dan Februari 1948. Pesan-pesan yang disebar tersebut belum diketahui secara pasti apakah SOS ataupun Morse. Transkip yang di sebar tersebut bersuara seperti ini :
“Semua perwira, termasuk kapten, mati. Tergeletak di anjungan dan ruang kemudi. Kemungkinan seluruh kru mati. … Aku mati.”
Kemudian dua kapal Amerika yang mendapat transmisi ini mendekati kapal ourang medan. Kapal Silver Star yang telah melihat kapal ourang medan mencoba memanggil-manggil kapal tersebut dengan segala cara, dari terompet, peluit, radio dll tetapi semuanya tidak ada jawaban. Kapten Silver Star memutuskan untuk mengirimkan regu kecil penyelamat. Regu tersebut tercengang setelah mendapati apa yang ada diatas kapal ourang medan. Seluruh kru tewas mengenaskan dengan mata melotot dan mulut menganga seperti terkejut atau ketakutan. Dan yang aneh lainnya adalah suhu dalam kapal itu tiba-tiba meningkat sehingga kru kapa tersebut pergi dari kapal tersebut dan kemudian kapal ourang medan meledak.

Teori
  • Kargo yang berbahaya
Ada pendapat mengatakan bahwa kapal Ourang Medan menyelundupkan barang-barang berbahaya yang mengakibatkan munculnya gas beracun yang membunuh seluruh awak kapal dan membakar kapal sendiri
 
  • Keracunan Karbon Monoksida
Kebakaran yang menjalar membuat para kru meninggal karena terlalu banyak menghirup gas karbon monoksida yang keluar dari api yang menjalar tersebut.
 
  • Fenomena Paranormal
Ada lagi yang mengatakan bahwa ini adalah sebuah peristiwa paranormal karena dapat dilihat ekepresi ketakutan yang tergambar dari deksripsi dimana para kru yang mati meninggalkan efek seperti terkejut ataupun ketakutan.
Kemudian selanjutnya akan di bahas mengenai fakta-fakta yang mendukung kebenaran kisah dari ss ourang medan ini dan juga yang menolak kebenaran kisah ini.
 
Fakta yang tidak mendukung kisah ini :
·         Tidak ada rekam jejak secara resmi keberadaan SS Ourang Medan di Lloyd’s Shipping Register.
·         Tidak ada dokumen dari SS Ourang Medan di lembaga yang berwenang di Belanda juga.
·         Tidak ada dokumen dari peristiwa yang terjadi di SS Ourang Medan di Dictionary of Disasters at Sea 1824-1962.
·         Terdapat dokumen di kapal Silver Star, tetapi pada tahun 1947, di saat kisah itu terjadi, kapal itu berganti nama Santa Juana, ada kemungkinana bahwa nama SS Ourang Medan diganti namanya, tetapi jika kedua nama tersebut tergantikana tau salah eja sangat tidak meyakinkan.
Fakta yang mendukung kisah
·         Ada kemungkinan bahwa nama SS Ourang Medan diganti namanya karena ada kemungkinan kapal itu membawa barang-barang selundupan maka perlu untuk mengganti nama dari kapal.
·         Di bulan Mei tahun 1952 United States Coastal Guard mempublikasikan Proceedings of the Merchant Marine Council seperti diatas. Dimana satu-satunya yang mendukung adanya kisah ini.
 Sumber :
 
  • Proceedings of the Merchant Marine Council Mei 1952
  • http://www.historicmysteries.com/ourang-medan/
  • http://www.crime-mystery.info/great-mysteries/ss_ourang_medan/the_hoax
Sekelumit Pandang Pemikiran

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *