Misteri Kerajaan Kutai Sebagai Kerajaan Pertama

Diposting pada

Kutai Kartanegara, Kerajaan yang di sebut-sebut sebagai kerajaan pertama di Indonesia karena telah ada buktinya yaitu berupa prasasti yupa yang berbahasa sansekerta dan beraksara pallawa. Berada di daerah Kalimantan Timur tempat di temukannya prasasti tersebut sementara untuk cakupan luas wilayahnya belum di ketahui karena belum ada bukti berlebih lagi di daerah sana. Juga di prasasti Yupa tersebut menyebutkan apabila ada sesembahan berupa ribuan ekor sapi yang juga tidak diketemukan tempat tulang-tulang sapi itu di kubur, sehingga ada dugaan bisa jadi penyebutan ribuan ekor itu hanyalah berlebihan. Tetapi keanehan yang akan di bahas disini bukanlah dari situnya saja.

Mungkin apa yang saya paparkan masih luas belum terlalu fokus, hanya saja menurut saya paparan saya ini bisa menjadi objek perbincangan bagus karena dengan penyebutan sebagai kerajaan pertama adalah sesuatu sekali bagi bangsa kita ini.

Mungkin bisa dimulai dari awal mula suatu peradaban, dari runtutannya setiap peradaban pertama di suatu daerah dimungkinkan dapat membuat peradaban adalah karena terjadi singgungan atau hubungan dengan daerah lain yang telah membuat peradaban terlebih dahulu. Sehingga terjadi pertukaran informasi yang membuat daerah yang berlum menjadi peradaban tadi evolve atau berkembang kearah sistem masyarakat yang lebih kompleks. Lalu apakah yang membuat daerah Indonesia ini bersinggungan dengan daerah lain yang telah membuat peradabannya?, dikarenakan daerah kita ini adalah kepulauan dan juga telah di ketahui melalui bukti-bukti bahwa daerah China, India, Timur Tengah umur lahir peradabannya telah lebih dahulu daripada Indonesia sehingga seharusnya ada kontak hubungan dengan daerah-daerah tersebut agar daerah Indonesia dapat menjadi seperti mereka. Jangan di anggap saat itu Indonesia tidak di tempati manusia, maksud dari peradaban adalah titik dimana sistem masyarakatnya telah kompleks dan dibuat peraturan yang lebih tersistem serta runtut, dan biasanya lebih banyak manusia yang saling berhubungan daripada sebelum itu. Dan juga telah di temukan tulisan karena dengan begitu telah maju manusia-manusianya.

Lalu bagaimana daerah kita ini bisa mendapat kontak dengan daerah-daerah yang telah lebih dahulu membangun peradaban, padahal tempat kita di kelilingi lautan?. Indonesia sejak dari dulu adalah daerah lalu lintas kapal-kapal baik asing maupun domestik, selain itu Indonesia juga adalah daerah penghasil bahan-bahan makan dan mentah yang menjadikannya sebagai tujuan para pedagang-pedagang asing. Lalu apakah hubungannya dengan Kutai Kartanegara?.

Kutai adalah sebuah daerah di Kalimantan Timur, sebenarnya nama asli kerajaan yang membuat prasasti Yupa tersebut tidaklah di ketahui sehingga penamaan kerajan tersebut menggunakan nama daerah tempat di temukannya prasasti tersebut. Juga saya tidak tahu apakah prasasti tersebut belum di jelaskan seluruhnya atau memang tidak disebutkan nama kerajaannya di prasasti tersebut. Seperti yang di bilang tadi Kutai adalah kerajaan pertama di Indonesia, letaknya di Kalimantan Timur, sementara setahu saya dan melihat kondisi geografis daerah Indonesia, daerah teramai lalu lintas kapal adalah Selat Malaka, Laut Cina, Laut Jawa karena lautan-lautan tersebut adalah tempat yang memang jalan terdekat menuju timur dari barat atau sebaliknya. Daerah Kalimantan Timur kalah dekat dengan Pulau Jawa, Pulau Sumatra dan semenanjung malaya untuk akses menuju ke lautan-lautan tersebut.

Yang saya maksud adalah seperti in. Apakah mungkin ada bukti kerajan lain yang lebih pertama dari kutai?, kalau dilihat dari penampang geografisnya seharusnya daerah-daerah di Sumatera, Jawa, semenanjung malaya ataupun Kalimantan bagian barat lebih cepat medapat kontak dengan dunia luar karena letaknya lebih dekat dengan lalu lintas laut yang akan sangat menguntungkan apabila dibangun pelabuhan. Prasasti Yupa juga menggunakan tulisan Palawa bahasa Sansekerta yang berasal dari India, jadi mungkin memang daerah itu juga terkena imbas lalu lintas laut karena telah terbukti mendapatkan pengaruh tulisan dari daerah sejauh India yang berjarak banyak laut dan daratan. Apabila daerah yang berada berjauhan dengan lalu lintas perdagangan itu bisa terkena imbas yang kemudian bisa menjadi kerajaan seharusnya daerah-daerah di dekat-dekat perairan yang menjadi lalu lintas itu lebih dahulu menjadi kerajaan daripada daerah Kutai.Mungkin bisa di seharusnyakan seperti itu dengan anggapan seperti itu, tetapi kalau berdasar bukti yang baru di temukan memang tidak bisa di tampik yang patut di anggap sebagai kerajaan pertama adalah Kutai karena ditemukannya Prasasti Yupa.

Tetapi itu juga berarti masih ada selubung-selubung sejarah yang belum di ketahui khalayak Indonesia.sehingga perlu di cari lagi. Seperti mitos keberadaan kerajaan galuh, kemudian kerajaan medang kamulannya Prabu Dewata Cengkar. Masih banyak sekali misteri di Indonesia.

Baca Lagi :

Teori Asal-Usul Manusia

Bukti Hawa di DNA

Misteri Kesadaran Manusia

Sekelumit Pandang Pemikiran

2 thoughts on “Misteri Kerajaan Kutai Sebagai Kerajaan Pertama

  1. Tulisan yang sangat menarik dan menjadi misterius, nah yang menjadi misteribdi otak saya bervolume 800cc ini adalah misteri dari kerajaan kutai tersebut, 1. Bagaimana bentuk atau sistem pemerintahan kerajaan kutai sebelum berstatus kerajaan,2. Apa kaitannya kerajaan kutai dengan kudungga dan mungkin bisa dijelaskan siapa sebenarnya kudungga tersebut,3. Sepengetahuan saya kerajaan kutai tersebut adalah kerajaan yg bercorak hindu, nah yg ingin saya tanyakan adalah bagaimana proses penyebaran agama hindu di kutai?,4. Kenapa kerajaan kutai dijadikan patokan oleh beberapa ahli sebagai kerajaan tertua di indonesia?. Mohon maaf apabila saya banyak bertanya karena kasitas otak saya yang hanya 800cc ini, sukses terus mas

  2. kan kemampuan berpikir tidak ditentukan kapasitas volume otak gan, tetapi kemauan hehe, dan dari sepemahaman saya coba menjawab pertanyaan agan kalo mungkin besok dibuatkan juga artikelnya oleh saya hehe. Kutai tempat ditemukannya prasarti yupa tersebut dicanangkan oleh para ahli sebagai tonggak awal masa sejarah di indonesia karena dari seluruh daerah di indonesia, prasasti yupalah yang berdasarkan analisis kemiripan sistem tulisan sansekerta di awal abad-abad masehi di india menjadikan yupa di anggap berasal dari abad 4 masehi. Dari seluruh tempat di indonesia 4 masehi adalah sumber temuan tulisan paling awal di Indonesia yaitu prasasti yupa ini, oleh karena itu prasasti yupa dan kerajaan yang diberi nama kutai sesuai daerah ditemukannya prasasti ini karena didalam prasasti tersebut tidak disebutkan nama kerajaan pembuat hanyalah nama raja-rajanya saja. Oleh para ahli kutai inilah gerbang masuk ke dalam masa sejarah yang ditentukan lewat temuan paling mencolok dan fundamental dari sebuah peradaban manusia yaitu tulisan, dengan adanya temuan tulisan tersebut sebuah peradaban dapat dikatakan sebagai peradaban….
    Sebagai kerajaan awal di Indonesia, dan juga kerajaan pertama yang bercorak Hindu di Indonesia, sebelum kerajaan kutai tersebut ada, seperti pertanyaan anda, bagaimana sistem kerajaan kutai sebelum menjadi kerajaan, berarti tidak pantas jika pertanyaan anda mengarah kepada bagaimana sistem pemerintahan kerajaan kutai sebelum berstatus kerajaan. Tetapi mungkin yang anda maksudkan adalah bagaimana sistem sosial masyarakat sebelum kerajaan kutai tersebut berdiri ataupun muncul. Jika menilik perkembangan kehidupan manusia sejak purba sebelum ditemukannya sebuah sistem penulisan dan menjadi tonggak peradaban yang kompleks, manusia hidup dengan berkelompok-kelompok kecil dan kebelakang lagi manusia hidup dengan berburu dan selanjutnya-selanjutnya, apabila kutai menjadi tonggak kehidupan masa prasejarah berarti sebelum adanya kerajaan kutai pantaslah masa itu disebut sebagai masa prasejarah, dan karena sebelum prasasti yupa atau kerajaan kutai berdiri karena prasasti paling awal di temukan disini dan tidak diketemukan bentuk bukti tulisan lain paling awal maka bisa dikatakan dengan interpretasi awal dan kecocoklogian ini bentuk kehidupan sosial manusianya masih berkelompok-kelompok kecil dan belum terlalu kompleks sistem kehidupan sosialnya, ini saya berbicara mengenai fakta data lapangan yang ada sehingga tidak memungkiri mungkin di waktu kedapannya lagi terdapat perubahan karena didapat data-data bukti baru.
    Untuk kudungga saya belum menelisik lebih lanjut lagi, tetapi terdapat informasi-informasi yang beredar bahwa nama kudungga ini mirip dengan penamaan nama-nama indonesia padahal raja-raja setelahnya yaitu asmawarman,mulawarman, lebih mirip dengan gaya penamaan kehinduan, oleh karena itu bisa dikatakan dengan cocoklogi jikalau kudungga masih mempertahankan ciri khas ke timuran atau ke indonesiaan dengan penamaannya tersebut.
    Proses persebaran hindu tersebut seperti yang saya tulis di postingan adalah sebuah kejanggalan dengan sistem pelayaran dimana dan munculnya kerajaan pertama tersebut dimana mungkin bisa di telisik ulang postingan saya tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *