Penjelasan Fermi Paradox, Ramai Tapi Terlihat Sepi

Diposting pada
Menurut Drake Equation, seharusnya terdapat banyak sekali peradaban alien yang mempunyai tingkat kecerdasan luar biasa .Tetapi dimanakah mereka semua?. Seharusnya kita sudah bertemu mereka ataupun pesan-pesan yang kita kirimkan mendapat balasan.Karena itulah fisikawan Enrico Fermi membuat apa yang di sebut Fermi Paradoks.

Dari Drake Equation tadi bisa di umpamakan bahwa dalam setiap 1 butir pasir terdapat 100 miliar lebih planet dengan keadaan yang dapat menampung kehidupan dan bayangkan jika kalian berada di pantai, berapa milira-miliar kah jumlahnya,itu adalah perumpamaan untuk semua planet di alam semesta yang berkemungkinan mempunyai keadaan untuk menampung kehidupan. Ini masih spekulatif tetapi tetap saja itu kemungkinan yang sangat besar. Lalu dimanakah mereka semua sekarang?.

Sebelum pembahasan lebih lanjut, terdapat skala Kardashev yang mengkategorikan beberapa tipe yang mungkin di punyai oleh alien.

Peradapan Tipe I adalah peradaban yang mampu menggunakan semua energi dari planet mereka. Kita masih belum berada di tahap peradaban ini tetapi kita mendekati. Ada fisikawan membuat formula dan memperkirakan kita berada di tipe 0.7.

Peradaban Tipe II dapat menggunakan seluruh energi dari bintang induk mereka, mungkin kita bayangkan ini sangat sulit dan tidak masuk akal, tetapi bagi peradaban tipe ini sangat mungkin.

Peradaban Tipe III adalah tipe peradaban yang sudah sangat maju dimana mereka bisa mengakses energi dari keseluruhan galaksi. Jika level perkembangan peradaban ini sangat tidak masuk akal, bayangkan sebuah peradaban yang lebih tua sekitar 3,4 miliar tahun dari peradaban kita dan berhasil bertahan sampai sekarang.Mereka mungkin telah menguasai perjalanan antar bintang bahkan mengkolonisasi planet lain di galaksi.

Kemudian lanjut lagi, terdapat kemungkinan 1% peradaban di galaksi kita ini dan itu kemungkinan berjumlah 1000-an, dari jumlah mereka dan kemampuan mereka seharusnya kita dapat mengetahui keberadaannya ataupun mereka telah menunjukkan diri mereka sejak dulu. Jadi dimana mereka?.

Selamat datang di Fermi Paradoks, paradoks ini mengutarakan penjelasan terbaik. Kita bagi 2 pandangan  di pandangan yang pertama melihat bahwa tidak terdapat peradaban tipe I dan II, kemudian pandangan yang kedua melihat bahwa terdapat peradaban tipe II dan III dan kenapa kita tidak melihat dan dikunjungi oleh mereka.

Penjelasan I : Tidak ada tanda-tanda peradaban lebih tinggi karena tidak ada peradaban tersebut di kenyataan.

Lalu kenapa dari Drake Equation tadi dapat ditemukan peradaban yang lebih tua dari kita ?

Kemudian dibuat penjelasan lagi bahwa terdapat Penyaringan Besar atau bahasa inggrisnya The Great Filter. Teori ini memaparkan bahwa terdapat tembok yang menghalangi evolusi lebih lanjut sehingga evolusi berhenti sampai di situ saja,itulah The Great Filter.

Lalu dimanakah posisi kitadi rangkaian evolusi yang terdapat penyaringan ini?.kemudian  terdapat 3 penjelasan berada di mana kita.

ini bagan the great filter.

Berikut 3 kemungkinan kita berada di posisi mana dalam proses tersebut.

1. Kita langka.

The Great Filter berada di belakang kita atau sudah kita lewati. Dan hanya sedikit yang berhasil melewatinya jadi kemungkinan juga sedikit juga peradaban lain di luar angkasa dapat mencapai peradaban dengan tingkat sama seperti kita dan sangat sedikit yang melebihi tingkat kita.Ada yang mengatakan bahwa tahap ini adalah disaat evolusi paling awal dan juga ada yang menganggap bahwa The Great Filter adalah lompatan dari prokariot ke sel eukariot yang lebih kompleks.

 2. Kita yang pertama. Kita adalah yang pertama kali berada di tahap ini jadi kita menjadi peradaban paling mutakhir di alam semesta.

 3.Penyaringan ini di depan kita atau belum kita lalui.Jadi kita bakal mengalami pemusnahan sebentar lagi. Menurut pendapat beberapa ahli bahwa kemungkinan ada kemungkinan bencana yang dapat menghentikan perkembangan kita. Mungkinkah itu adalah kiamat?

Penjelasan tentang bahwa terdapat Peradaban Tipe II dan III, dan juga kenapa kita tidak dapat menemui mereka.

  1. Kemungkinan mereka telah ke bumi tetapi ketika kita belum disini atau ketika masih dalam masa purba dimana kita tidak mengetahui apa-apa dan kemungkinan juga mereka kemudian dianggap dewa karena kesuperioran mereka.
  2. Galaksi mungkin telah di kolonisasi tetapi kita berada di tempat terpencil yang tidak menarik bagi mereka.
  3. Konsep kolonisasi adalah konsep yang tidak beradab bagi peradaban yang sangat maju.
  4. Terdapat peradaban prerdator di luar sana dan para peradaban majuyang mengetahui kita, tidak ingin tempat kita di ketahui sehingga di sembunyikan oleh mereka sampai waktunya mereka tahu kita sudah siap untuk melawan predator itu.
  5. Terdapat peradaban super yang menhancurkan peradaban yang hampir menyamainya jadijika kita berkembang terus kita akan di hancurkan.Oleh dari itu aktivitas di galaksi kita tidak terlihat karena hanya ada satu peradaban dan yang lain dihancurkan.
  6.  Terdapat aktivitas di luar sana,tetapi teknologi kita terlalu primitf dan kita mencari-cari di tempat yang salah.
  7.  Kita mendapat pesan dari alien tetapi pihak pemerintah menyembunyikannya.
  8. Peradaban yang lebih maju, tau akan keberadaan kita tetapi hanya mengamati kita( zoo Hypothesis)
  9. Peradaban maju berada di sekitar kita, tetapi kita terlalu primitif untuk dianggap mereka. Ini seperti jika kita berada di hutan dan terdapat semut di pohon, anggap kita semut dan manusia adalah  alien.Apakah alien itu mempedulikan kita?.
  10. Kita benar-benar salah tentang realitas kita.Mungkin kita hanyalah permainan komputer atau hologram atau simulasi yang di buat oleh alien.
Itu adalah pemaparan dari Fermi Paradoks, sebuah possible explanation, penjelasan yang paling menjelaskan dari pertanyaan kita. Tetapi karena kita masih haus akan kebenarannya tentunya jangan pernah lelah mencari hehe.
Jadi, Dimana semua orang?.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *